Zaman sekarang ini, semua teknologi semakin berkembang dan semakin canggih. Sering dengan berkembangnya teknologi, tidak heran juga, para gamers ikut merasakan kemajuan teknologi sekarang ini. Dalam hal ini, para pembuat game, berusaha untuk memajukan teknologi game. Teknologi yang sekarang berkembang merupakan teknologi yang dapat menyerupai sifat atau karakteristik manusia. Para pembuat game, merancang suatu teknologi yaitu teknologi Kecerdasan buatan (Articfial Intellegence). Teknologi ini, dirancang untuk para pengguna komputer dan video game yang dapat menghasilkan ilusi intelijen dalam perilaku pemain non-karakter (NPC).Teknik yang digunakan biasanya memanfaatkan metode yang ada dari bidang kecerdasan buatan (AI). Namun, permainan istilah AI sering digunakan pada suatu rangkaian algoritma yang juga mencakup teknik-teknik dari teori kendali, robot, komputer grafis dan ilmu komputer secara umum. Awal dari permainan AI, bahwa penampilan berpusat pada kecerdasan dan game yang baik, namun sangat berbeda halnya dengan AI tradisional, yaitu dengan hacker dan penipu dapat masuk kedalam AI tersebut.
Dari mana sih AI itu berasal ???
Nah, awalnya dengan bermain game itu merupakan awal dari wilayah penelitian AI. Sehingga pada tahun 1951, dengan menggunakan 1 mesin Ferranti Mark di University of Manchester, Christopher Strachey menulis sebuah program catur dan Dietrich Prinz menulis satu untuk catur. Ini adalah di antara program-program komputer pertama yang pernah ditulis. Arthur Samuel sang program catur, dibangun pertengahan 50-an dan awal 60-an, akhirnya mencapai keterampilan yang memadai untuk menantang amatir yang terhormat. Kerja di checkers dan catur akan berujung pada kekalahan Garry Kasparov oleh IBM's Deep Blue komputer pada 1997.
Video game pertama dikembangkan pada 1960-an dan awal 1970-an, seperti Spacewar!, Pong dan Gotcha (1973), adalah permainan diimplementasikan pada logika diskrit dan ketat didasarkan pada persaingan dua pemain, tanpa AI. Permainan yang menampilkan modus satu pemain dengan musuh mulai muncul pada 1970-an.Yang penting pertama untuk tahun 1974 termasuk arcade game Atari Qwak (bebek berburu) dan Pursuit (dogfighting simulator pesawat tempur). Dua komputer berbasis teks permainan dari 1972, Hunt yang Wumpus dan Star Trek, juga punya musuh. Gerakan musuh didasarkan pada pola disimpan. Penggabungan mikroprosesor akan memungkinkan lebih banyak komputasi dan unsur-unsur acak disalut ke dalam pola pergerakan.
Video game pertama dikembangkan pada 1960-an dan awal 1970-an, seperti Spacewar!, Pong dan Gotcha (1973), adalah permainan diimplementasikan pada logika diskrit dan ketat didasarkan pada persaingan dua pemain, tanpa AI. Permainan yang menampilkan modus satu pemain dengan musuh mulai muncul pada 1970-an.Yang penting pertama untuk tahun 1974 termasuk arcade game Atari Qwak (bebek berburu) dan Pursuit (dogfighting simulator pesawat tempur). Dua komputer berbasis teks permainan dari 1972, Hunt yang Wumpus dan Star Trek, juga punya musuh. Gerakan musuh didasarkan pada pola disimpan. Penggabungan mikroprosesor akan memungkinkan lebih banyak komputasi dan unsur-unsur acak disalut ke dalam pola pergerakan.
Bagaimana sih pandangan seorang programmer Game terhadap AI???
Sebagian programmer mempertimbangkan bahwa setiap teknik yang digunakan itu untuk membantu menciptakan suatu ilustrasii intelijen untuk menjadi sebuah permainan yang berbasis AI. Pandangan ini kontroversial karena masih banyak teknik-teknik yang digunakan di luar sebuah mesin game AI . Misalnya, informasi tentang potensi tabrakan masa depan adalah input penting untuk algoritma yang membantu menciptakan karakter yang cukup pintar untuk menghindari tabrakan sesuatu. Namun ada juga sebagian teknik deteksi tabrakan yang pada umumnya diperlukan untuk menerapkan permainan fisika. Demikian juga, dapat dilihat hasil tes yang biasanya mengasilkan suatu input penting dalam menentukan AI keputusan, tetapi juga banyak digunakan di dalam mesin rendering. Contoh lain adalah script, yang dapat menjadi alat yang nyaman untuk semua aspek pembangunan permainan, tetapi sering erat terkait dengan NPC mengendalikan perilaku.
Puritan mengeluh bahwa "AI" dalam istilah "permainan AI" nilainya melebih-lebihkan, seperti permainan AI bukan tentang kecerdasan, dan saham beberapa tujuan dari bidang akademik AI. Sedangkan AI itu sendiri merupakan suatu bidang pembelajaran mesin, pengambilan keputusan berdasarkan input data yang sewenang-wenang, dan bahkan tujuan akhir dari AI yang cukup kuat alasannya, "permainan AI" sering terdiri dari setengah lusin aturan praktis, atau heuristik, yang hanya cukup untuk memberikan pengalaman bermain game yang baik.
Seorang pengembang game itu beranggapan bahwa “peningkatan kesadaran AI akademis dan kepentingan yang berkembang dalam permainan komputer oleh masyarakat akademik menyebabkan definisi dari apa yang dianggap sebagai AI dalam sebuah permainan untuk menjadi kurang istimewa.
Seorang pengembang game itu beranggapan bahwa “peningkatan kesadaran AI akademis dan kepentingan yang berkembang dalam permainan komputer oleh masyarakat akademik menyebabkan definisi dari apa yang dianggap sebagai AI dalam sebuah permainan untuk menjadi kurang istimewa.
Bagaimana sih penggunaan Game AI ??
Game AI / heuristik algoritma yang digunakan dalam berbagai bidang cukup berbeda dalam sebuah permainan. Yang paling jelas adalah dalam kontrol setiap NPC dalam permainan, meskipun saat ini script yang paling umum alat kontrol. Merintis jalan umum lain digunakan untuk AI, luas dilihat secara real-time strategy game. Merintis jalan adalah metode untuk menentukan bagaimana untuk mendapatkan NPC dari satu titik di peta yang lain, dengan mempertimbangkan medan, hambatan dan mungkin "kabut perang". Game AI juga terlibat dengan permainan dinamis kesulitan keseimbangan, yang terdiri dalam menyesuaikan kesulitan dalam permainan video secara real-time berdasarkan kemampuan pemain.
Konsep AI muncul baru-baru ini telah dieksplorasi dalam permainan seperti Creatures, Black & White dan Nintendogs dan mainan seperti Tamagotchi. The "pets" di game ini mampu "belajar" dari tindakan yang diambil oleh pemain dan perilaku mereka diubah sesuai. Sementara pilihan-pilihan ini diambil dari kolam yang terbatas, hal ini sering memberikan ilusi yang dikehendaki intelijen di sisi lain dari layar.
Konsep AI muncul baru-baru ini telah dieksplorasi dalam permainan seperti Creatures, Black & White dan Nintendogs dan mainan seperti Tamagotchi. The "pets" di game ini mampu "belajar" dari tindakan yang diambil oleh pemain dan perilaku mereka diubah sesuai. Sementara pilihan-pilihan ini diambil dari kolam yang terbatas, hal ini sering memberikan ilusi yang dikehendaki intelijen di sisi lain dari layar.
0 komentar:
Posting Komentar